RI Banyak Ekspor Perhiasan, Ini Pangsa Pasar Utamanya

Perdagangan
1
Viva Budy Kusnandar 20/07/2022 14:50 WIB
10 Negara Tujuan Utama Ekspor Perhiasan dan Barang Berharga Indonesia (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), sepanjang 2021 Indonesia mengekspor perhiasan dan barang berharga seberat 816,4 ton, meningkat 32,75% dari tahun 2020.

Adapun nilai total ekspornya mencapai US$2,86 miliar, naik 76,05% dari tahun sebelumnya.

Swiss tercatat sebagai pangsa pasar utama untuk ekspor perhiasan dan barang berharga Indonesia, dengan nilai ekspor US$900 juta sepanjang 2021.

Nilai itu porsinya mencapai 34,81% dari nilai total ekspor perhiasan dan barang berharga Indonesia pada tahun tersebut.

Pangsa pasar terbesar berikutnya adalah Amerika Serikat (AS) dengan nilai ekspor US$686,82 juta (26,56%). Diikuti Hong Kong senilai US$282,05 juta (10,98%), dan Uni Emirat Arab US$281,23 juta (10,88%).

Sedangkan jika dilihat berdasarkan volume, maka urutan negara tujuan ekspor terbesarnya adalah sebagai berikut:

  • Singapura: 216,1 ton
  • Amerika Serikat: 186,1 ton
  • Australia: 17,1 ton
  • Italia: 16,1 ton
  • Swiss: 15,7 ton
  • Hongkong: 9,5 ton
  • Uni Emirat Arab: 6,1 ton
  • Afrika Selatan: 2,0 ton
  • India: 0,4 ton
  • Lain-lainnya: 3 ton

(Baca: Larangan Ekspor Dicabut, Perdagangan CPO Indonesia Bangkit pada Juni 2022)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua