Warga di 5 Provinsi Ini Punya Pengeluaran Kesehatan Tertinggi Nasional

Ekonomi & Makro
1
Dzulfiqar Fathur Rahman 24/06/2022 17:50 WIB
5 Provinsi dengan Rata-rata Pengeluaran Kesehatan Penduduk Tertinggi (September 2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pandemi Covid-19 mendorong adanya peningkatan pengeluaran untuk kesehatan, baik untuk pencegahan maupun pengobatan. Adapun penduduk Kepulauan Riau diperkirakan memiliki pengeluaran kesehatan paling besar di skala nasional.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), penduduk Kepulauan Riau memiliki rata-rata pengeluaran kesehatan sebesar Rp98.730/kapita/bulan pada September 2021. Angka ini tertinggi dibanding provinsi lainnya, sekaligus 150,36% lebih tinggi dari rata-rata nasional.

Pengeluaran kesehatan tertinggi berikutnya ditemukan di DKI Jakarta, Yogyakarta, Kalimantan Timur, dan Bali, dengan rincian seperti terlihat pada grafik.

Adapun provinsi dengan pengeluaran kesehatan penduduk terendah adalah Sulawesi Barat, yaitu rata-rata Rp14.787/kapita/bulan pada September 2021.

Pengeluaran kesehatan biasanya mencakup biaya yang dibayar sepenuhnya atau ditanggung sebagian oleh pihak lain, seperti Jaminan Kesehatan Nasional atau pihak keluarga pasien.

Secara keseluruhan, BPS melaporkan bahwa rata-rata pengeluaran masyarakat Indonesia sebesar Rp1,28 juta/kapita/bulan pada September 2021, meningkat 6,25% dibanding September 2019.

(Baca: Berapa Rata-rata Pengeluaran Per Kapita Masyarakat Kota & Desa pada 2021?)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.