Survei SMRC: Mayoritas Publik Merasa Puas dengan Kinerja Presiden

Politik
1
Vika Azkiya Dihni 11/06/2022 12:30 WIB
Penilaian Responden Soal Kinerja Presiden (Mei 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melaporkan bahwa mayoritas publik merasa puas dengan kinerja presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Tercatat, tingkat kepuasan terhadap kinerja presiden secara umum sebesar 73,9%. Sementara, ada sebanyak 24,3% responden yang menilai tidak puas dan 1,8% lainnya tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei SMRC juga merinci tingkat kepuasan responden terhadap kinerja pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Hasilnya, mayoritas responden merasa puas.

Secara rinci, sebanyak 72% responden merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam penanggulangan Covid. Sementara, sebanyak 25,9% responden merasa tidak puas, dan 2,1% tidak tahu atau tidak menjawab.

Dari kinerja presiden dalam pemulihan ekonomi, sebanyak 62,7% responden merasa puas. Sedangkan 34,6% responden menjawab tidak puas dan 2,7% tidak tahu atau tidak menjawab.

Survei ini dilakukan pada 10-17 Mei 2022 dengan melibatkan 1.060 responden di seluruh Indonesia. Kriteria responden berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Metode yang digunakan dalam survei ini adalah wawancara tatap muka. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan toleransi kesalahan kurang lebih 3,07% pada tingkat kepercayaan 95%.

(Baca Juga: Inilah Alasan Masyarakat Tak Puas dengan Kinerja Jokowi)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua