Usaha mikro kecil menengah (UMKM) mulai menggunakan marketplace untuk menjual produknya. Mengutip survei AJII, ada 26,58% UMKM yang memiliki akun di marketplace.
Sebanyak 39,3% pelaku UMKM tersebut menggunakan Shopee untuk menjual produknya. Persentase ini lebih besar dari Tokopedia yang digunakan 24,38% pelaku UMKM.
Selanjutnya, sebanyak 14,93% pelaku UMKM menggunakan Lazada, OLX 5,47%, Bukalapak 4,98%, Blibli 1,49%, Akulaku 0,5%, dan lainnya 7,46%.
Meski tidak semuanya menggunakan akun marketplace, 86,05% UMKM mengaku bergantung dengan internet. Sebanyak 41,39% dari UMKM tersebut bahkan mengaku sangat bergantung.
Survei penggunaan internet UMKM ini dilakukan terhadap 525 responden. Margin kesalahan survei ini sebesar 4,28% dengan tingkat kepercayaan 95%.
(Baca: APJII: Penetrasi Internet Indonesia Capai 77,02% pada 2022)