Berapa Kepemilikan Saham Kevin Aluwi yang Bakal Jadi Dewan Komisaris di GoTo?

Pasar
1
Cindy Mutia Annur 07/06/2022 16:00 WIB
Pemegang Saham GoTo Gojek Tokopedia Tbk (per Kuartal I-2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pendiri sekaligus CEO Gojek Kevin Bryan Aluwi bakal bertransisi menjadi dewan komisaris di PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Keputusan transisi jabatan tersebut nantinya akan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 28 Juni 2022 mendatang.

Nantinya, Kevin akan menggantikan posisi Caesar Sengupta di jajaran Dewan Komisaris GoTo. Dalam perannya sebagai Dewan Komisaris GoTo nanti, Kevin akan fokus dalam mendukung pengembangan kendaraan listrik di perusahaan sebagai bagian dari komitmen menuju perusahaan nol emisi pada 2030.

Ia juga akan menjadi bagian dari anggota Dewan Komisaris Electrum, perusahaan patungan Gojek dan TBS Energi Utama.

Adapun sebagai pendiri Gojek, Kevin diketahui sebagai salah satu pemilik saham terbesar di GoTo. Berdasarkan laporan keuangan GoTo, Kevin tercatat mengantongi 0,92% saham termasuk saham seri B, saham dengan porsi hak suara lebih besar.

Kevin juga menjadi salah satu pemegang saham dengan hak suara multipel (SDHSM) di GoTo. SDSHM adalah aturan baru dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memungkinkan founder memiliki hak suara lebih banyak dari pemegang saham lainnya meski jumlahnya sama. 

Selain Kevin, pemegang SDSHM lainnya di GoTo adalah Komisaris GoTo William Tanuwijaya yang memegang 2,12% saham, diikuti oleh Presiden Direktur GoTo Andre Soelistyo (1,01% ), dan Direktur GoTo Melissa Siska Juminto (0,51%).

Sementara, pemegang non-SDSHM adalah Taobao China Holding Limited (10,60%), SVF GT Subco (Singapore) Pte. Ltd. (10,44%), CEO Adaro Energy Garibaldi Thohir (0,11%), dan pemegang saham lainnya dengan kepemilikin kurang dari 5%, yaitu sebanyak 74,29%.

(Baca: Kapitalisasi Pasar GOTO Kembali Masuk 5 Besar, Berapa Kini Nilainya?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua