Survei: Warga Lebih Percaya TNI Ketimbang Presiden

Politik
1
Vika Azkiya Dihni 06/06/2022 14:10 WIB
Tingkat Kepercayaan Responden terhadap Lembaga Negara (Mei 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei Indonesia Political Opinion (IPO), Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan lembaga negara yang paling dipercaya publik.

Sebanyak 96% responden dalam survei IPO menyatakan percaya pada TNI. Sementara kepercayaan terhadap Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) berada di urutan kedua, yakni 93%.

Kemudian Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperoleh kepercayaan dari 83% responden. Sedangkan presiden hanya mendapat 61%.

Di bawahnya ada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Mahkamah Konstitusi (MK) dengan kepercayaan masing-masing 60%. Kemudian Mahkamah Agung (MA) 54% dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 47%.

Survei ini dilakukan pada 23-28 Mei 2022 secara hybrid, yaitu wawancara tatap muka dengan 480 responden dan wawancara telepon dengan 720 responden. Jumlah total responden yang terlibat mencapai 1.200.

Pengambilan sampel responden dilakukan dengan teknik multistage random sampling. Metode ini memiliki pengukuran kesalahan (margin of error) 2,90%, dengan tingkat akurasi data 95%.

(Baca Juga: Lowy Institute: Informasi Tentara Lebih Dipercaya daripada Ilmuwan dan Media Massa)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.