Laporan Statcounter menunjukkan, sejumlah merek ponsel pintar (smartphone) dengan pangsa pasar tertinggi di Indonesia. Ternyata bukan Samsung ataupun Apple, melainkan OPPO yang mendominasi pangsa pasar smartphone di dalam negeri.
Pangsa pasar produsen smartphone asal Dongguan, Tiongkok ini mencapai 21,23% di Indonesia pada April 2022. Angka ini menurun 0,67 poin dibandingkan April 2021 yang pangsa pasarnya mencapai 21,9%.
Samsung menempati urutan kedua dengan pangsa pasar sebesar 20,99% pada periode bulan lalu. Xiaomi menyusul dengan pangsa pasar sebesar 19,56%.
Berikutnya, Vivo dan Apple menempati urutan ketiga dan keempat dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia. Vivo tercatat memiliki pangsa pasar 14,29% dan Apple sebesar 9,23%.
Realme memiliki pangsa pasar 7,41%. Diikuti oleh Infinix dengan pangsa pasar sebesar 2,31%, Asus 1,12%, dan Huawei 0,57%. Sementara itu, ada 1,5% pangsa pasar smartphone yang tak dikenal.
(Baca: Pendapatan Xiaomi Turun 4,6% pada Kuartal I 2022)