Ini Provinsi dengan Hutan Produksi Terluas di Indonesia

Agroindustri
1
Vika Azkiya Dihni 18/05/2022 17:30 WIB
10 Provinsi dengan Kawasan Hutan Produksi Terluas (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Provinsi Papua Barat memiliki kawasan hutan produksi paling luas di Indonesia. Mengutip data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), luasnya mencapai 14,81 juta hektare (ha) pada 2020.

Kalimantan Barat menduduki posisi kedua dengan luas hutan produksi mencapai 9,74 juta ha. Kalimantan Tengah dan Papua menyusul dengan luas masing-masing 9,27 ha dan 5,44 juta ha.

Sampai saat ini pemerintah menggolongkan hutan di Indonesia menjadi 3 jenis, yaitu hutan lindung, hutan konservasi, dan hutan produksi. Di antara ketiganya, hutan produksi tercatat memiliki lahan paling luas.

Total luas hutan produksi secara nasional tercatat sebesar 68,83 juta ha pada 2020. Kawasan ini terdiri dari 26,78 juta ha hutan produksi terbatas (HPT), 29,2 juta ha hutan produksi (HP), dan 12,84 juta hutan produksi yang dapat dikonversi (HPK).

Hutan produksi merupakan kawasan hutan yang hasilnya bisa dipakai atau diambil, baik dalam bentuk kayu maupun non-kayu. Pemanfaatan hutan produksi contohnya sebagai lahan untuk membangun kawasan tertentu, atau sebagai sumber hasil hutan yang bisa diperdagangkan.

(Baca Juga: Hutan Lindung Terluas RI Ada di Maluku dan Papua)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua