Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Menang Lawan Tiongkok, Kalah dari Vietnam pada Kuartal I 2022

Ekonomi & Makro
1
Viva Budy Kusnandar 12/05/2022 11:20 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Beberapa Negara/Kawasan pada TW I 2022
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Pusat Statistik melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2022 mencapai 5,01%. Pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih tinggi dibanding dari beberapa negara, tetapi masih lebih rendah dibanding Vietnam.

Perekonomian Indonesia menurut besaran produk domestik bruto (PDB) atas dasar harga berlaku (ADHB) mencapai Rp 4,51 kuadriliun pada kuartal I 2022.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia tersebut tergolong tinggi dibandingkan dengan negara-negara lainnya seperti terlihat pada grafik. Namun, tingginya pertumbuhan tersebut karena rendahnya perekonomian domestik sebelumnya, yakni pada kuartal I 2021 yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Ekonomi Indonesia berada di bawah Vietnam mencatat pertumbuhan 5,03% (yoy) pada kuartal I 2022. Ekonomi Vietnam juga merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan negara/kawasan lainnya.

Ekonomi Uni Eropa tumbuh 5% (yoy) pada periode tiga bulan pertama tahun ini. Pertumbuhan ini juga menandakan kebangkitan ekonomi kawasan Eropa yang sebelumnya sempat mengalami kontraksi terdampak dari Pandemi Covid-19.

Tiongkok juga melaporkan ekonominya tumbuh 4,48% (yoy) pada kuartal I tahun ini. Diikuti ekonomi Singapura tumbuh 3,4% (yoy), Amerika Serikat tumbuh 3,4% (yoy), serta Korea Selatan tumbuh 3,1% (yoy). Sementera Hong Kong justru mengalami kontraksi sebesar 4% (yoy).

(Baca: IMF Kembali Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2022 Jadi 5,4%)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua