IKLAN

Ini Lapangan Kerja dengan Upah Tertinggi per Februari 2022

5 Lapangan Pekerjaan dengan Rata-rata Upah Tertinggi (Februari 2022)

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS), 9 Mei 2022

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Dzulfiqar Fathur Rahman

Editor: Adi Ahdiat

10/5/2022, 17.40 WIB

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata upah buruh, karyawan, atau pegawai pada Februari 2022 mengalami tren peningkatan hampir di seluruh sektor pekerjaan.

Sektor informasi dan komunikasi memiliki rata-rata upah paling tinggi, yaitu Rp4,86 juta atau tumbuh 20,1% dari tahun sebelumnya. Ini merupakan tingkat pertumbuhan tertinggi kedua dibandingkan sektor-sektor lain.

Dengan meledaknya ekonomi digital selama pandemi Covid-19, sektor informasi dan komunikasi mencatat pertumbuhan nilai tambah bruto yang pesat. Tren ini sejalan dengan banyaknya masyarakat yang menggunakan alat komunikasi dan laptop untuk bekerja dan belajar dari rumah.

Kemudian sektor real estat berada di peringkat dua, dengan rata-rata upah Rp4,2 juta. Kendati begitu pertumbuhan tahunannya tercatat paling besar, yakni 23,94%.

Pada Februari 2022 rata-rata upah paling kecil tercatat di sektor pertanian dan jasa lainnya, dengan kisaran di bawah Rp2 juta.

Adapun sektor yang rata-rata upahnya menurun pada Februari 2022 adalah jasa kesehatan, pendidikan, administrasi pemerintahan, dan manufaktur.

(Baca: Ini Sektor Usaha yang Tumbuh Pesat pada Kuartal I-2022)

IKLAN