WHO: Ada 1 juta Kematian Berlebih Terkait Covid-19 di Indonesia

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Dzulfiqar Fathur Rahman 06/05/2022 13:20 WIB
Perkiraan Kematian Berlebih Terkait Covid-19 di Indonesia (Agustus-Desember 2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut perhitungan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sejak awal pandemi sampai akhir 2021 ada sekitar 1,02 juta kematian berlebih (excess deaths) terkait Covid-19 di Indonesia.

Jika dilihat dengan rentang kepercayaan (confidence interval) 95%, WHO memperkirakan kematian berlebih terkait Covid-19 di Indonesia berkisar antara 750,7 ribu dan 1,28 juta kematian selama periode sama.

WHO mendefinisikan kematian berlebih sebagai kematian yang disebabkan oleh Covid-19 secara langsung maupun tidak langsung.

Kematian terkait Covid-19 secara tidak langsung terjadi karena orang-orang tidak bisa mengakses layanan kesehatan yang telah terbebani dengan penanganan pandemi.

Angka perkiraan kematian berlebih di Indonesia sekitar 7 kali lipat lebih tinggi dari kasus kematian Covid-19 yang dikonfirmasi pemerintah dalam periode sama.

Menurut analisis BBC, rasio tersebut merupakan yang tertinggi keempat di antara negara-negara yang telah melaporkan lebih dari 10.000 kematian Covid-19.

Mesir tercatat memiliki rasio tertinggi, di mana angka kematian berlebihnya tercatat 11,6 kali lipat lebih tinggi daripada kasus kematian yang dikonfirmasi pemerintah setempat.

(Baca Juga: Kematian karena Covid-19 per 1 Juta Penduduk Indonesia Urutan Ke-20 di Asia)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.