Belanja Online Meningkat Jelang Lebaran, Ini Produk yang Banyak Dibeli

Produk Konsumen
1
Vika Azkiya Dihni 01/05/2022 10:00 WIB
5 Produk yang Paling Banyak Dibeli Responden secara Online pada Ramadan 2022
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Membeli baju baru menjelang Lebaran merupakan kebiasaan yang sudah mengakar di Indonesia sejak lama.

Yang agak berbeda, kini tradisi belanja Lebaran juga banyak dilakukan secara online di lokapasar atau e-commerce.

Menurut hasil survei JakPat, aktivitas belanja online meningkat pada pekan ketiga bulan Ramadan 2022.

Produk yang paling banyak dibeli responden saat belanja online adalah pakaian, dengan persentase 38% pada pekan ketiga Ramadan.

Persentase tersebut naik dibandingkan pada pekan pertama Ramadan yang masih 28% dan pekan kedua 33%, seperti terlihat pada grafik.

Kemudian sebanyak 21% responden membeli pakaian muslim saat pekan ketiga Ramadan, naik dari pekan pertama dan kedua yang persentasenya sama-sama 20%.

Produk lain yang banyak dibeli adalah produk perawatan tubuh, perawatan kulit, dan sepatu dengan persentase masing-masing 19%.

Responden yang membeli ketiga produk tersebut pada pekan ketiga Ramadan tercatat naik, kecuali produk perawatan kulit yang turun dari pekan pertama 20% dan pekan kedua 23%.

Adapun mayoritas atau 63% responden menghabiskan kurang dari Rp500.000 untuk belanja online saat pekan ketiga Ramadan.

Rinciannya, 35% responden menghabiskan kurang dari Rp300.000 dan 28% responden menghabiskan Rp300.000 hingga Rp500.000.

Survei ini dilakukan pada 19-21 April 2022 dengan melibatkan 1.042 responden beragama Islam. Margin of error dalam survei ini berada di bawah 3%.

(Baca Juga: Ini Prioritas Pengeluaran Warga di Minggu Pertama Gajian

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.