Populi Center: Sandiaga Uno Raih Elektabilitas Tertinggi sebagai Cawapres

Politik
1
Vika Azkiya Dihni 25/04/2022 11:10 WIB
11 Tokoh dengan Elektabilitas Tertinggi sebagai Cawapres (Maret 2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei Populi Center, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh elektabilitas tertinggi sebagai calon wakil presiden (cawapres) dengan persentase 16,6%.

Hal ini tercatat dalam laporan survei nasional Populi Center yang bertajuk Peta Politik Menjelang Pemilu Serentak 2024.

"Sandiaga Salahudin Uno sosok yang sudah berkontestasi di 2019 dan citranya sebagai wapres sudah terbentuk,” kata Deputi Direktur Eksekutif Populi Center Rafif Pamenang Imawan, dikutip dari akun Youtube Populi Center Channel, Senin (25/4/2022).

(Baca Juga: Sandiaga Uno Jadi Pejabat Terkaya pada 2021)

Kemudian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di urutan kedua, dengan elektabilitas 8,6% sebagai cawapres. Diikuti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dengan raihan 5,8%.

Gubernur Jawa Barat dan Jawa Tengah, yakni Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo, menempati posisi selanjutnya dengan elektabilitas masing-masing 5%.

Tokoh lain yang juga masuk dalam daftar ini adalah Agus Harimurti Yudhoyono dengan elektabilitas 3,8%, Prabowo Subianto 3,7%, Basuki Tjahaja Purnama 3,6%, dan Tri Rismaharini 2,9%.

Kemudian muncul nama Puan Maharani dan Khofifah Indar Parawansa dengan elektabilitas sama-sama 2,1%. Sementara itu, tokoh-tokoh lainnya memperoleh elektabilitas di bawah 2%.

Survei ini dilaksanakan melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden pada tanggal 21-29 Maret 2022. Responden dipilih secara acak menggunakan metode multistage random sampling.

Survei dilakukan di 120 kelurahan yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Adapun margin of error (MoE) dalam survei ini tercatat kurang lebih 2,83% pada tingkat kepercayaan 9%.

(Baca Juga: Survei Charta Politika: Elektabilitas Gibran Teratas di Pilkada Jawa Tengah)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.