Jelang Lebaran, Kemenhub Prediksi 10 Daerah Ini Jadi Tujuan Mudik 2022 Terbanyak

Demografi
1
Cindy Mutia Annur 20/04/2022 12:30 WIB
Prediksi 10 Daerah Tujuan Mudik 2022 Terbanyak
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Balitbang Kemenhub terbaru menunjukkan sebanyak 85,5 juta orang Indonesia diperkirakan akan melakukan perjalanan ke luar kota alias mudik pada masa Lebaran 2022. Angka tersebut setara dengan 31,6% dari total penduduk Indonesia.

Jawa Tengah menjadi daerah tujuan mudik 2022 terbanyak menurut survei tersebut. Diperkirakan, sebanyak 23,5 juta orang atau sekitar 27,5% dari total pemudik di Indonesia hendak melakukan perjalanan ke provinsi tersebut.

Berikutnya, sebanyak 16,8 juta orang diperkirakan bakal melakukan perjalanan mudik ke Jawa Timur. Lalu, sebanyak 14,7 juta orang bakal melakukan perjalananan ke Jawa Barat non-Bodebek sebagai lokasi tujuan mudik tahun ini.

Kemudian, ada pula pemudik yang diperkirakan bakal melakukan perjalanan ke Jabodetabek, yakni sebanyak 5,9 juta orang. Diikuti oleh pemudik yang akan melakukan perjalanan ke DI Yogyakarta sebanyak 3,9 juta orang, Lampung 2,7 juta orang, dan Sumatera Utara sebanyak 2,3 juta orang.

Jumlah perkiraan orang Indonesia yang bakal melakukan perjalanan mudik tersebut tercatat meningkat dari survei Balitbang Kemenhub sebelumnya. Pada survei sebelumnya, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 79,4 juta orang. 

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, angka penduduk yang melakukan mudik tahun ini diprediksi meningkat lantaran selama dua tahun terakhir mudik tidak diperbolehkan oleh pemerintah.

Adapun, arus puncak mudik diperkirakan akan terjadi pada 29-30 April 2022 pukul 7-9 pagi. Sedangkan, puncak arus balik mudik terjadi pada 8 Mei 2022 pukul 7-9 pagi.

(Baca: Ini Prediksi Jumlah Kendaraan yang Keluar di Musim Mudik Lebaran 2022)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.