Grup MNC Kuasai Pangsa Penonton Televisi Indonesia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Reza Pahlevi 19/04/2022 14:50 WIB
Grup Televisi dengan Pangsa Pemirsa Terbesar di Indonesia (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Grup Media Nusantara Citra (MNC) yang berisi RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews menguasai pangsa penonton televisi Indonesia.

Menurut data Nielsen, grup MNC memiliki pangsa pemirsa (audience share) sebesar 44,8% pada 2021, tertinggi dibanding grup televisi lainnya.

Grup Surya Citra Media (SCM) berada di peringkat kedua. Grup yang terdiri dari SCTV dan Indosiar ini memiliki pangsa pemirsa 27,6%.

Kemudian Grup Trans Corp yang memiliki Trans TV dan Trans 7 berada di peringkat ketiga dengan pangsa 13,1%. Diikuti grup Viva yang berisi ANTV dan TV One dengan pangsa 11,9%.

Sedangkan stasiun televisi nasional TVRI hanya memiliki pangsa pemirsa 1,4%, dan Metro TV lebih rendah lagi dengan pangsa 1,2%.

Besarnya pangsa pemirsa grup MNC membuat mereka mendapat kue pendapatan iklan terbesar. Menurut laporan Nielsen, pada 2021 grup MNC berhasil meraup 48,5% dari total pendapatan iklan televisi Indonesia.

(Baca Juga: Survei KIC: Masyarakat Lebih Percaya Televisi dan Media Sosial Ketimbang Situs Resmi Pemerintah)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.