Survei KIC: Puskesmas Jadi Fasilitas Kesehatan Terdekat Bagi Mayoritas Masyarakat

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Dzulfiqar Fathur Rahman 07/04/2022 12:40 WIB
Proporsi Responden Yang Menjawab Waktu Tempuh Kurang Dari 30 Menit, Per Fasilitas Kesehatan
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Survei Katadata Insight Center (KIC) menemukan bahwa puskesmas merupakan fasilitas kesehatan terdekat bagi mayoritas responden. Sebanyak 84,8% dari responden menyatakan bahwa waktu tempuh dari tempat tinggal mereka ke puskesmas kurang dari 30 menit.

Hanya 3,3% dari responden melaporkan waktu tempuh lebih dari 60 menit. Untuk klinik swasta, 71% dari responden menyatakan bahwa waktu tempuh dari tempat tinggalnya kurang dari 30 menit dan 5,8% lebih dari 60 menit.

KIC juga menemukan bahwa 67,6% dari responden membutuhkan kurang dari 30 menit untuk menjangkau rumah praktik pribadi dokter, sementara 10,4% dari mereka membutuhkan lebih dari 1 jam.

Rumah sakit swasta dan rumah sakit umum daerah (RSUD) merupakan fasilitas kesehatan terjauh dari tempat tinggal responden. KIC menemukan bahwa persentase responden yang menyatakan waktu tempuh ke rumah sakit swasta dan RSUD kurang dari 30 menit di bawah 50%. Tercatat, hanya 45,6% dari responden melaporkan waktu tempuh lebih dari 30 menit untuk menjangkau rumah sakit swasta dan 39,3% untuk RSUD.

Survei KIC juga melaporkan waktu tempuh ideal dari tempat tinggal menuju fasilitas kesehatan adalah 30 menit. Namun secara rata-rata nasional, waktu tempuh menuju Puskesmas adalah 32 menit. Lalu untuk menuju Rumah Sakit membutuhkan waktu lebih dari 40 menit.

Untuk melihat laporan lengkap survei KIC tersebut, silahkan unduh melalui tautan ini.

(Baca: Survei KIC: Pengguna Telemedik Bertambah selama Pandemi)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.