Keamanan Siber Indonesia Peringkat ke-6 di Asia Tenggara

Teknologi & Telekomunikasi
1
Vika Azkiya Dihni 07/03/2022 17:40 WIB
Indeks Keamanan Siber Negara-Negara Asia Tenggara (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut data National Cyber Security Index (NCSI) yang dikutip pada Senin (7/3), keamanan siber Indonesia berada di peringkat ke-6 Asia Tenggara. Sedangkan secara global, Indonesia menduduki peringkat ke-83 dari 160 negara.

NCSI membuat penilaian ini berdasarkan sejumlah indikator, seperti aturan hukum negara terkait keamanan siber, ada atau tidaknya lembaga pemerintah di bidang keamanan siber, kerja sama pemerintah terkait keamanan siber, serta bukti-bukti publik seperti situs resmi pemerintah atau program lain yang terkait.

Dengan indikator tersebut, NCSI menilai Indonesia memiliki skor 38,96 dari 100 dalam hal keamanan siber. Angka itu jauh di bawah skor negara-negara tetangga.

Malaysia tercatat memiliki keamanan siber terbaik di Asia Tenggara dengan skor 79,22. Keamanan siber Negara Jiran ini dinilai berada di peringkat ke-18 global.

Kemudian Singapura berada di posisi kedua Asia Tenggara dengan skor keamanan siber 71,43. Diikuti Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam dengan skor berturut-turut 64,9, 42,86, dan 41,56.

Sementara sejumlah negara Asia Tenggara lainnya berada di bawah peringkat Indonesia, seperti Vietnam dengan skor 36,36, Laos 18,18, Kamboja 15,58, dan Myanmar 10,39.

(Baca Juga: Deretan Industri yang Paling Sering Alami Kebocoran Data)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.