Deretan 5 Tornado Paling Mematikan Sepanjang Sejarah Dunia

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 07/03/2022 10:50 WIB
5 Tornado Paling Mematikan Sepanjang Sejarah
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Angin tornado merupakan udara yang berputar dengan keras kemudian berkembang di dalam awan konvektif dan bersentuhan dengan tanah. Dalam berbagai peristiwa, tornado sering terjadi dan dihubungkan dengan badai petir musim semi dan musim panas.

Angin tornado dapat tercipta sangat kuat bahkan hingga mencapai kecepatan 500 km per jam. Oleh sebab itu, ketika tornado menyerang suatu daerah dapat menyebabkan kehancuran yang luar biasa seperti menelan korban jiwa, terutama akibat puing-puing yang beterbangan dan bangunan runtuh.

Sepanjang sejarah, ada 5 badai topan yang cukup mematikan seperti dilansir dari ThoughtCo. Berikut ini deretannya.

  1. Daulatpur-Saturia Tornado, Bangladesh (1989) – 1.300 korban jiwa
  2. Tri-State Tornado (1925) – 695 korban jiwa
  3. The Great Natchez Tornado (1840) – 317 korban jiwa
  4. The St. Louis-East St. Louis Tornado (1896) – 255 korban jiwa
  5. The Tupelo Tornado (1936) – 233 korban jiwa

Tornado Daulatpur-Saturia terjadi di Kabupaten Manikganj, Bangladesh pada 26 April 1989. Tornado ini disebut-sebut sebagai tornado paling mematikan dalam sejarah Bangladesh dan paling mematikan dalam sejarah dunia. Tornado ini menghantam kota-kota, seperti Daulatpur dan Saturia. Sebelumnya, kedua daerah ini mengalami kekeringan selama enam bulan, sehingga memungkinkan terjadi kondisi tornadic.

Tornado ini membentang di jalur yang panjangnya sekitar 16 km dan lebarnya sekitar 1,6 km. Meskipun hanya terjadi pada wilayah geografis yang relatif kecil dan durasinya singkat, namun tornado benar-benar menghancurkan semua bangunan dalam area seluas kira-kira 6 km persegi.

(Baca Selengkapnya: Bencana Alam Paling Mematikan di Dunia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua