Survei KIC: Koinworks Platform P2P Lending Terfavorit di Indonesia

Keuangan
1
Reza Pahlevi 15/02/2022 09:30 WIB
Aplikasi P2P Lending Favorit (2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Koinworks menjadi platform pendanaan bersama atau peer-to-peer lending (P2P lending) paling banyak digunakan di Indonesia. Berdasarkan survei Katadata Insight Center (KIC) dan Zigi.id, sebanyak 34,1% responden mengaku menggunakan Koinworks untuk investasi P2P lending.

Investree berada di peringkat kedua dengan penggunaan 30,6%. Selanjutnya, di peringkat ketiga ada Asetku dengan penggunaan sebanyak 19,6%.

Lalu, Akseleran dan Amartha berada di peringkat keempat dan kelima. Sebesar 16,1% responden mengaku menggunakan Akseleran dan 12,7% menggunakan Amartha.

Jika dilihat dari kelompok usia, Koinworks lebih banyak digunakan oleh Gen Z (40,9%) dan Gen Y (33,3%). Sementara, Investree menjadi aplikasi favorit Gen X & Boomers (34,8%).

Survei ini juga menanyakan mengenai platform yang digunakan untuk membeli obligasi dan forex. Laporan lengkap survei ini, yang meliputi keseluruhan pilihan responden serta analisis perilaku investasi generasi muda, dapat diunduh melalui https://katadata.co.id/platform-investasi.

(Baca: Tersandung Perizinan, Jumlah Fintech P2P Lending Berkurang Jadi 103 Pasca Moratorium)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.