Survei KedaiKopi: Anies Baswedan Gubernur Terbaik di Pulau Jawa

Politik
1
Cindy Mutia Annur 15/02/2022 09:50 WIB
Persepsi Masyarakat terhadap Kinerja Gubernur di Pulau Jawa (Januari 2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipersepsikan sebagai gubernur dengan kinerja terbaik di Pulau Jawa. Hal ini dinyatakan oleh Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKopi) dalam laporan survei mereka yang bertajuk Peluang dari Luar Jawa.

KedaiKopi menggelar survei persepsi masyarakat tentang kinerja gubernur di Pulau Jawa pada Januari 2022. Survei ini menggunakan delapan indikator yang meliputi penanganan masalah Covid-19, kemiskinan, kesehatan, pendidikan, transportasi umum, lapangan kerja, keamanan, dan korupsi.

Menurut hasil survei, Anies Baswedan mendapat skor tertinggi di hampir seluruh indikator dibandingkan dengan gubernur-gubernur lainnya.

Dalam indikator penanganan masalah transportasi, Gubernur DKI Jakarta ini mendapat skor 36,8, penanganan Covid-19 skornya 35,9, pendidikan 28,9, korupsi 27,2, kesehatan 26,4, lapangan kerja 25,2, kemiskinan 23,7, dan keamanan 21,5.

Adapun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati peringkat kedua, namun mendapat skor tertinggi dalam indikator penanganan kemiskinan, yakni sebesar 34.

Kemudian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menduduki peringkat ketiga, diikuti oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Survei ini dilakukan terhadap 1.202 responden berusia 17-65 tahun yang tersebar di 34 provinsi. Survei dilakukan pada 17-24 Januari 2022 melalui metode face to face interview (computer assisted personal interviewing), dengan margin of error ±2,83% dan interval kepercayaan 95%.

(Baca Juga: Pengangguran hingga Korupsi, Berikut Deretan Permasalahan Utama di Indonesia)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua