10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi AD Scientific Index 2022

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 15/02/2022 17:30 WIB
10 Universitas Terbaik Berdasarkan Jumlah Peneliti yang Masuk Dalam 100 Ribu Ilmuwan Top Dunia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Alper-Doger Scientific Index, atau disingkat AD Scientific Index, telah merilis pemeringkatan universitas terbaik secara global dan per negara untuk tahun 2022.

Berbeda dengan lembaga pemeringkatan universitas lainnya, lembaga ini merilis peringkat berdasarkan performa ilmiah dan produktivitas peneliti dari masing-masing kampus.

Performa dan produktivitas tersebut diukur dari total nilai h-index yang terdapat di Google Scholar, serta banyaknya peneliti yang berjasa dan berkinerja baik dari tiap almamater.

UGM Universitas Terbaik

Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi universitas terbaik di Indonesia versi AD Scientific Index 2022. Pasalnya, universitas di Yogyakarta ini memiliki 7 peneliti yang termasuk dalam 100 ribu ilmuwan top dunia.

Dua peneliti UGM yang masuk dalam daftar top itu merupakan peneliti di bidang ilmu sosial. Sementara lima peneliti lainnya berasal dari bidang bisnis dan manajemen, ekonomi dan ekonometrika, mesin dan teknologi, medis dan kesehatan, serta ilmu alam.

Setelah itu, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menempati posisi kedua dengan 5 peneliti yang masuk 100 ribu ilmuwan top dunia. Kelima peneliti UIN ini berasal dari bidang ilmu sejarah, filsafat dan keagamaan, ilmu sosial, dan bidang keilmuan lainnya.

Kemudian Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Padjajaran (Unpad) menempati posisi selanjutnya dengan 3 peneliti dari masing-masing almamater yang masuk dalam 100 ribu ilmuwan top dunia.

Peneliti UI berasal dari cabang ilmu alam dan ilmu lainnya. Sementara peneliti Unpad berasal dari bidang bisnis dan manajemen, medis dan kesehatan, serta cabang ilmu lainnya.

Berikut daftar lengkap 10 universitas terbaik di Indonesia versi AD Scientific Index 2022:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

2. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah

3. Universitas Indonesia (UI)

4. Universitas Padjajaran (Unpad)

5. Institut Teknologi bandung (ITB)

6. Universitas Diponegoro (Undip)

7. Universitas Mercu Buana

8. Universitas Katolik Widya Mandala

9. Universitas 17 Agustus 1945

10. Institut Pertanian Bogor (IPB)

(Baca Juga: UGM Masuk Jajaran Universitas Terpopuler di Instagram)

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua