Ada Konflik Lahan Tambang di Wadas, Berapa Luas Desanya?

Demografi
1
Viva Budy Kusnandar 14/02/2022 11:40 WIB
Luas Wilayah Desa/Kelurahan di Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pada pekan lalu (8/2) sempat terjadi konflik antara aparat keamanan dengan warga di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Adapun konflik ini terkait dengan aksi sebagian warga Desa Wadas yang menolak lahan desa mereka dialihfungsikan jadi lokasi pertambangan batu andesit.

Menurut keterangan pemerintah daerah setempat, batu andesit yang ditambang dari Desa Wadas rencananya akan digunakan untuk membangun Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Bener yang berlokasi di Kabupaten Purworejo.

Namun, sebagian warga khawatir penambangan batu tersebut akan merusak alam Desa Wadas, meningkatkan risiko bencana longsor, serta mengganggu mata pencaharian warga yang mayoritasnya adalah petani.

Perbandingan Luas Desa Wadas dan Desa Lainnya di Kecamatan Bener

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Desa Wadas memiliki wilayah seluas 4,06 kilometer (km) persegi pada 2021. Angka tersebut porsinya hanya sebesar 4,32% dari luas wilayah Kecamatan Bener yang mencapai 94,03 km persegi.

Adapun desa/kelurahan terluas di Kecamatan Bener adalah Desa Guntur yang wilayahnya mencapai 6,53 km persegi, diikuti Kaliwader dengan luas 5,78 km persegi, lalu Sukowuwuh 4,89 km persegi, dan Limbangan 4,56 km persegi.

Sedangkan desa/kelurahan dengan wilayah terkecil adalah Kedungloteng, yakni hanya 1,27 km persegi. Setelahnya ada Kaliboto dengan wilayah 1,46 km persegi, dan Kaliurip dengan wilayah 1,63 km persegi.

Jumlah Penduduk Desa Wadas

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, jumlah penduduk Desa Wadas berjumlah 1.519 jiwa pada 31 Desember 2021.

Berikut rincian jumlah penduduk Desa Wadas menurut jenis kelamin:

  1. Laki-laki: 771 jiwa
  2. Perempuan: 748 jiwa

Sedangkan jumlah penduduk Desa Wadas menurut status perkawinannya adalah sebagai berikut:

  1. Belum kawin: 655 jiwa
  2. Kawin: 766 jiwa
  3. Cerai hidup: 24 jiwa
  4. Cerai mati: 74 jiwa.

(Baca Selengkapnya: Ramai Konflik di Desa Wadas, Berapa Jumlah Penduduknya?)

 

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua