Survei KIC: Indodax Platform Kripto Terfavorit Investor Tua-Muda

Teknologi & Telekomunikasi
1
Dwi Hadya Jayani 11/02/2022 17:30 WIB
Persentase Platform Kripto yang Digunakan Responden (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Mata uang kripto (cryptocurrency) merupakan aset digital yang kini marak digandrungi investor dari berbagai belahan dunia.

Adapun platform jual-beli kripto yang nampaknya paling banyak digunakan di Indonesia sekarang adalah Indodax.

Menurut survei terhadap 1.939 investor kripto yang tersebar di seluruh Indonesia, sekitar separuhnya atau 50,6% responden menggunakan Indodax untuk transaksi kripto mereka.

Indodax juga menjadi platform jual-beli kripto yang paling banyak digunakan oleh investor dari semua kelompok usia, dengan rincian 61,1% kelompok Gen X dan Boomers, 50,5% kelompok Gen Y, dan 45,5% kelompok Gen Z.

(Baca: Turun 8,79%, Terra Pimpin Kejatuhan Mata Uang Kripto Hari Ini (Jumat, 11/2/2022))

Platform terfavorit kedua adalah Tokocrypto dengan persentase pengguna 38,5% dari total responden.

Jika dilihat dari usianya, Tokocrypto lebih banyak digunakan oleh investor muda, dengan rincian 33,3% dari kelompok Gen X dan Boomers, kemudian 38,4% dari kelompok Gen Y, dan 40,6% dari kelompok Gen Z.

Urutan ketiga ditempati oleh Binance dengan persentase pengguna 16,7% dari total responden. Lalu diikuti pengguna Pintu sebesar 13%, serta Rekeningku dan Zipmex dengan persentase pengguna masing-masing 10%.

Survei ini digelar oleh Katadata Insight Center (KIC) bersama Zigi, dan Sisi+ selama periode 6-12 September 2021.

Total responden dalam survei ini berjumlah 1.939 orang yang tersebar di 33 provinsi Indonesia, dengan kriteria sudah berusia di atas 15 tahun dan memiliki investasi kripto.

Survei kemudian dilakukan secara online menggunakan metode non-probability sampling, dengan margin of error di kisaran 2,23%.

Survei ini juga menanyakan mengenai platform yang digunakan untuk membeli obligasi dan forex.

Laporan lengkap survei ini, yang meliputi keseluruhan pilihan responden serta analisis perilaku investasi generasi muda, dapat diunduh melalui https://katadata.co.id/platform-investasi.

Editor : Adi Ahdiat
Data Populer
Lihat Semua