Kompetisi Video Pendek Kompetisi Video Pendek

Produksi Ikan Kakap di Jawa Barat Terbesar Nasional

1
Monavia Ayu Rizaty 07/02/2022 11:30 WIB
Image Loader
Memuat...
10 Provinsi dengan Produksi Ikan Kakap Terbesar (2020)*
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia adalah negara maritim yang memiliki kekayaan laut berlimpah. Sumber daya alam laut yang paling sering diambil dan dikonsumsi adalah ikan, salah satunya ikan kakap. Ikan kakap mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), produksi ikan kakap nasional tercatat sebanyak 1,95 ribu ton pada 2020. Jumlah ini turun tajam hingga 73,02% dari tahun sebelumnya yang mencapai 7,23 ribu ton.

Dilihat dari masing-masing daerah, Jawa Barat merupakan produsen ikan kakap terbesar di Tanah Air sebanyak 606,1 ton. Kalimantan Timur menyusul dengan produksi sebanyak 458,4 ton.

Selanjutnya, produksi ikan kakak di Kepulauan Riau dilaporkan sebanyak 452,3 ton. Adapun di Bali dan Jawa Tengah masing-masing memiliki produksi sebesar 185,4 ton dan 78,4 ton.

Ikan kakap banyak ditangkap di wilayah perairan Indonesia yang berdekatan dengan Samudera Pasifik dan di perairan yang berdekatan dengan Samudera Hindia. Kakap merupakan jenis ikan demersal yang hidup di dasar karang. Jenis ikan kakap yang banyak ditemui di Indonesia adalah Kakap Merah, Kakap Kuning, dan Kakap Hitam.

(Baca Selengkapnya: Daftar 10 Ikan Hias Akuarium Termahal di Dunia, Ada yang Sampai Rp 5,7 Miliar)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua