Inilah Pernikahan Termahal di Dunia, Biayanya Capai Rp 1,57 Triliun

Demografi
1
Vika Azkiya Dihni 25/01/2022 13:50 WIB
5 Pernikahan Termahal di Dunia Sepanjang Masa
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pernikahan Putri Fadzilah Lubabul Bolkiah yang merupakan anak dari sultan Brunei Darussalam dengan pengusaha kopi berdarah Irak, Abdullah Nabil Mahmoud Al-Haashimi, menjadi viral di media sosial.

Tak tanggung, acara pernikahan itu berlangsung selama 10 hari di istana yang dihiasi dengan berlian mewah. Tak heran jika pernikahan itu menghabiskan biaya yang fantastis dan menjadi yang termahal.

Bukan hanya pernikahan Putri Fadzilah, masih banyak lagi pernikahan lainnya yang menelan biaya yang begitu fantastis. Berikut merupakan daftar 5 pernikahan termahal di dunia yang dilansir dari laman The Richest:

1. Putri Diana & Pangeran Charles - US$ 110 Juta

Pernikahan termahal pertama ditempati oleh pernikahan kerajaan Inggris, Mendiang Putri Diana dan Pangeran Charles. Pernikahan yang diselenggarakan pada tahun 1981 itu menghabiskan dana mencapai US$ 48 juta kala itu. Jika disesuaikan dengan nilai saat ini biayanya mencapai US$ 110 juta atau sekitar Rp 1,57 triliun.

Gaun berbalut 10.000 mutiara asli yang dikenakan Putri Diana menjadi terkenal sepanjang masa. Tak hanya itu, kereta yang membawa Putri Diana pun menjadi fenomena tersendiri. Dengan panjang hampir delapan meter, kereta kuda itu memecahkan rekor sebagai yang terpanjang dalam sejarah pernikahan kerajaan.

2. Meghan Markle & Pangeran Harry - US$ 45 Juta

Masih dari anggota keluarga kerajaan Inggris, Pernikahan Pangeran Harry dengan seorang aktris Amerika Serikat Meghan Markle berlangsung pada 19 Mei 2018 di Kastil Windsor di Inggris. Pernikahan itu telah menghabiskan biaya mencapai US$ 45 juta atau Rp 655,3 miliar.

Gaun pengantin yang dipakai oleh Meghan Markle merupakan gaun rancangan Givenchy seharga Rp 6,1 miliar. Pernikahan ini juga merupakan pernikahan yang paling banyak menyita perhatian fotografer karena dihadiri oleh beberapa bintang Hollywood.

3. Michael Jordan & Yvette Prietto - US$ 10 Juta

Pernikahan pemain NBA Michael Jordan pun menjadi salah satu yang termahal di dunia. Biaya yang dihabiskan sekitar US$ 10 juta atau Rp 143,2 miliar.

Diselenggarakan di gereja terdekat rumah Jordan. Gaun pernikahan Yvette merupakan rancangan J'Aton Couture dan dibaluti oleh berlian Swarovski.

4. Kim Kardashian & Kris Humphries - US$ 10 Juta

Kimberly Noel Kardashian West adalah seorang bintang realitas TV, model, sosialita dan aktris berkebangsaan Amerika Serikat. Pernikahannya dengan pemain NBA Kris Humphries menghabiskan biaya mencapai US$ 10 juta.

Ada 500 tamu undangan yang hadir dan merupakan orang-orang yang terkenal seperti Robin Thicke, Demi Lovato, dan Ryan Seacrest. Namun sayangnya pernikahan mewah ini hanya bertahan 72 hari saja.

5. Justin Timberlake & Jessica Biel - US$ 6,5 Juta

Pernikahan seorang penyanyi dengan aktris asal Amerika Serikat Justin Timberlake dengan Jessica Biel dihadiri oleh 100 tamu undangan saja. Namun, pernikahan ini menelan biaya yang sangat fantastis sekitar US$ 6,5 juta atau Rp 93,07 miliar.

Penjagaan yang sangat ketat membuat pernikahannya sangat mahal. Selain itu, pertunjukkan kembang api yang menawan, hingga gaun bernuansa merah muda rancangan Giambattista Valli yang Jessica gunakan.

(Baca: Kasus Perceraian Jeff Bezos Termahal Sepanjang Masa, Berapa Nilainya?)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.