52% Guru di Indonesia Berstatus PNS

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Dwi Hadya Jayani 12/01/2022 16:50 WIB
Jumlah Guru Menurut Status Kepegawaian (2022)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemenkdibud) melaporkan, lebih dari setengah guru di Indonesia merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sebanyak 1.520.354 orang atau 52% dari total guru di Indonesia berstatus PNS.

Kendati demikian, masih terdapat 48% guru yang bukan merupakan PNS sehingga pemerintah perlu memerhatikan kesejahteraannya. Sebanyak 704.503 orang merupakan guru honor sekolah.

(Baca: Mayoritas Guru di Indonesia Generasi Milenial)

Jumlah guru honorer tersebut setara dengan 24% dari total guru di Indonesia. kemudian, sebanyak 401.182 orang merupakan guru tetap yayasan (GTY).

Adapaun sebanyak 141.724 orang merupakan guru tidak tetap (GTT) kabupaten/kota. Kemendikbud juga melaporkan sebanyak 13.328 berstatus GTT provinsi. Terakhir, sebanyak 3.770 orang berstatus guru bantu pusat.

Seringkali guru non-PNS tidak diberikan kesejahteraan yang layak sehingga pengajaran menjadi tidak maksimal. Oleh karenanya, pemerintah memberikan kesempatan agar guru dapat mendaftar seleksi aparatur sipil negara (ASN) pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK).

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.