Jawa Timur Miliki Konsultan di Sektor Konstruksi Terbanyak Nasional pada 2020

Properti
1
Monavia Ayu Rizaty 03/01/2022 11:40 WIB
10 Provinsi dengan Jumlah Konsultan Konstruksi Terbanyak (2020)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Konsultan konstruksi memiliki peran yang sangat penting untuk kelancaran pembangunan sebuah proyek. Konsultan konstruksi bertugas dalam memberikan pengawalan terhadap client mulai dari tahap perencanaan hingga proyek berakhir.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat sebanyak 9.782 konsultan konstruksi di dalam negeri pada 2020. Jumlah tersebut terdiri dari 34 konsultan penanaman modal asing (PMA), 46 konsultan asing, dan 9.702 konsultan nasional.

Ditinjau dari masing-masing provinsi, Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah konsultan konstruksi terbanyak mencapai 1.083 orang. Diikuti konsultan konstruksi di Jawa Barat sebanyak 950 orang.

Jumlah konsultan konstruksi di Ibu Kota Jakarta tercatat sebanyak 931 orang. Kemudian, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan masing-masing memiliki konsultan sebanyak 669 orang dan 650 orang.

Sementara, Bangka Belitung merupakan provinsi yang paling sedikit memiliki konsultan konstruksi, yakni hanya 41 orang pada 2020. Gorontalo di urutan berikutnya dengan 59 orang konsultan konstruksi.

 (Baca Selengkapnya: Pengeluaran Bahan/Material untuk Konstruksi Gedung di Jakarta Tertinggi Nasional pada 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.