Pengeluaran Bahan/Material untuk Konstruksi Gedung di Jakarta Tertinggi Nasional pada 2021

Materials
1
Monavia Ayu Rizaty 30/12/2021 11:10 WIB
10 Provinsi dengan Pengeluaran Bahan/Material untuk Konstruksi Gedung Tertinggi (2020)*
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sektor konstruksi memegang peran penting di era globalisasi dan revolusi industri 4.0. Peran dari sektor konstruksi berupa penyediaan sarana dan prasarana yang dapat memperlancar jalannya roda perekonomian.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, total pengeluaran bahan/material untuk konstruksi gedung di Tanah Air sebesar Rp 223,8 triliun pada 2020. Jumlah tersebut turun 19,93% dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp 279,5 triliun.

Ditinjau menurut wilayah, DKI Jakarta merupakan wilayah yang memiliki pengeluaran bahan/material untuk konstruksi gedung tertinggi hingga Rp 106,9 triliun. Disusul Jawa Timur dengan pengeluaran bahan/material sebanyak Rp 23,4 triliun.

Pengeluaran bahan/material konstruksi gedung di Jawa Barat tercatat sebesar Rp 18,07 triliun. Selanjutnya, Jawa Tengah dan Sumatera Utara masing-masing memiliki pengeluaran sebesar Rp 13,5 triliun dan Rp 7,05 triliun.

Sebagai informasi, pengeluaran bahan/material konstruksi terdiri atas pengeluaran bahan bangunan yang dipakai, pemakaian bahan bakar dan listrik, serta biaya bahan dan jasa lainnya.

(Baca Selengkapnya: Indonesia Punya 267,7 Ribu Tenaga Ahli Konstruksi pada 2020)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.