Daftar 7 Maskapai Penerbangan Paling Tepat Waktu di Indonesia pada 2021

Transportasi & Logistik
1
Vika Azkiya Dihni 03/01/2022 11:00 WIB
Tingkat Ketepatan Waktu Maskapai Penerbangan Indonesia (November 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Ketepatan waktu menjadi salah satu parameter penting yang menggambarkan baik atau buruknya kinerja dari maskapai penerbangan. Menurut data Official Airline Guide (OAG), Garuda Indonesia masih menempati posisi pertama maskapai paling tepat waktu di Indonesia dengan persentase on-time performance/OTP sebesar 95,8% pada November 2021.

Garuda Indonesia pun menjadi satu-satunya maskapai penerbangan asal Indonesia yang masuk di jajaran 10 besar dunia. Masakapai ini tercatat menduduki peringkat ke-7 dunia sebagai maskapai paling tepat waktu.

Adapun, jumlah penerbangan yang telah dilakukan oleh Garuda Indonesia per November 2021 tercatat sebanyak 2.712 penerbangan. Garuda Indonesia menempati peringkat ke-109 jumlah penerbangan terbanyak di dunia.

Posisi kedua maskapai penerbangan paling tepat waktu di Indonesia ditempati oleh Batik Air dengan persentase 74,1%. Posisi ketiga ditempati oleh Citilink dengan persentase ketepatan waktu penerbangan sebesar 57,6%.

Kemudian, Wings Air menduduki posisi selanjutnya dengan persentase ketepatan waktu sebesar 55,5%. Lion Air menyusul dengan persentase ketepatan waktu sebesar 50,4%.

Adapun, OAG mendefinisikan tingkat ketepatan waktu (on-time performance/OTP) sebagai penerbangan yang berangkat atau tiba dalam waktu 15 menit dari waktu keberangkatan/kedatangan yang dijadwalkan.

(Baca: Penerbangan Internasional dari Jakarta dan Bali Turun 70%)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua