Berapa Harga Cabai Rawit di Berbagai Pasar Jakarta?

Agroindustri
1
Viva Budy Kusnandar 30/12/2021 11:00 WIB
Harga Cabai Rawit di Pasar Tradisional Jakarta (29 Des 2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Harga cabai rawit semakin pedas menjelang akhir tahun. Di beberapa daerah, harga cabai rawit merah telah menembus Rp 100 ribu per kilogram (kg), termasuk di Jakarta.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, cabai rawit merah di jual dengan harga Rp 125 ribu per kg di pasar tradisional Kramat Jati, Jakarta (29/12/2021). Sementara di pasar Jatinegara dan Pasar Minggu di jual dengan harga Rp 115 ribu per kg.

Melonjaknya harga tersebut membuat para pedagang di pasar menyiasati dengan menjual cabai dalam kemasan plastik kecil dengan harga Rp 5-10 ribu per bungkus dengan jumlah yang bisa dihitung dengan jari.

Seperti diketahui, sebagian masyarakat Indonesia mempunyai kebiasan jika makan harus menggunakan sambal. Yakni, racikan bumbu dari cabai dengan bahan lainnya yang dihaluskan untuk menemani di saat makan. Kuliner atau jajanan warung juga banyak menggunakan cabai untuk bahan bumbu masakannya.

Di pasar tradisional Jatinegara, harga cabai rawit hijau dijual Rp 65 ribu per kg di pasar Jatinegara. Sedangkan di pasar Kramat Jati dijual dengan harga Rp 60 ribu per kg dan Pasar Minggu Rp 55 per kg.

(Baca: Jelang Akhir Tahun, Harga Cabai Rawit Merah di 10 Provinsi Tembus Rp 100 Ribu per Kg)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.