UGM, Perguruan Tinggi dengan Jumlah Pengunjung Website Bulanan Terbanyak di Indonesia

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Vika Azkiya Dihni 28/12/2021 12:20 WIB
Universitas di Indonesia dengan Jumlah Pengunjung Website Bulanan Terbesar (Kuartal I 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Website merupakan aset digital yang penting dalam sebuah organisasi untuk menyebarkan informasi. Hasil riset RevoU menyebutkan, Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki pengunjung bulanan website terbanyak dengan jumlah 6,1 juta pengunjung.

RevoU mencatat, UGM dan Universitas Indonesia (UI) bersaing sengit dalam pemeringkatan ini. Pengunjung bulanan website UI menempati posisi kedua dengan jumlah 5 juta pengunjung.

Binus University menempati posisi ketiga dengan jumlah pengunjung bulanan website sebanyak 4,3 juta. Posisi selanjutnya ditempati Institute Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Brawijaya (UB) masing-masing 3,9 juta pengunjung dan 3,5 juta pengunjung.

Menurut data dari SimilarWeb, rata-rata waktu yang orang habiskan di 5 website universitas dengan pengunjung bulanan terbanyak (UGM, UI, Binus, ITB, dan UB) adalah 5,5 menit. Ada beberapa laman di website UGM, UI, dan ITB yang mendapatkan organic traffic (lalu lintas dari pengunjung yang masuk ke dalam website melalui pencarian hasil organik, bukan dari iklan-iklan berbayar) yang cukup tinggi.

Pada website UGM, laman Makna Lambang UGM mendapatkan organic traffic yang tinggi, yakni 1,200+. Kemudian, pada website UI, laman Pasca Sarjana Magister mendapatkan organic traffic sebesar 10.000+, serta pada website ITB, laman Fakultas dan Sekolah sebesar 5.000+.

Dari pemeringkatan 10 besar pengunjung bulanan website Universitas terbanyak, delapan di antaranya merupakan Universitas Negeri. Sementara, dua Universitas lainnya merupakan Universitas Swasta, yakni Binus University dan Telkom University.

RevoU melakukan riset terhadap 30 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Riset ini menggunakan data yang dikumpulkan pada bulan Maret 2021 dari berbagai sumber, seperti Similarweb, Ahrefs, Socialblade, serta kanal media sosial resmi masing-masing universitas.

(Baca: Massachusetts Institute of Technology, Universitas Terbaik Dunia Versi QS World University Rankings 2022)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua