COD Jadi Sistem Pembayaran Favorit E-Commerce pada 2020

Teknologi & Telekomunikasi
1
Dwi Hadya Jayani 18/12/2021 13:00 WIB
Metode Pembayaran E-Commerce (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, sebanyak 78,72% e-commerce di hampir seluruh lapangan usaha menggunakan metode pembayaran cash on delivery (COD). BPS menjelaskan sekitar sepertiga usaha e-commerce dengan jumlah tenaga kerja 20-29 orang dan lebih paling sering menggunakan COD dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya.

Metode pembayaran yang paling sering digunakan berikutnya adalah transfer bank sebanyak 16,33%. Transfer bank digunakan lebih dari usaha e-commerce dengan jumlah tenaga kerja 100 orang atau lebih.

Kemudian, yang menggunakan e-wallet sebagai metode pembayaran sebanyak 4,43%. Terakhir, sebanyak 0,52% jual-beli online membayar dengan menggunakan kartu.

Statistik e-commerce 2021 merupakan publikasi yang disusun berdasarkan hasil Survei e-commerce 2021 yang dilaksanakan pada 11.928 sampel usaha di seluruh provinsi di Indonesia. Cakupan Survei e-commerce 2020 adalah usaha yang menggunakan internet untuk menerima pesanan atau melakukan penjualan barang dan/atau jasa selama tahun 2020.

E-commerce sendiri didefinisikan sebagai penjualan atau pembelian barang atau jasa yang dilakukan melalui jaringan komputer dengan modet yang secara spesifik dirancang untuk tujuan menerima atau melakukan pemesanan.

(Baca: Kurangnya Permintaan Jadi Kendala Utama Usaha di E-Commerce)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua