Produk Makanan & Minuman Paling Banyak Dijual di E-Commerce pada 2020

Teknologi & Telekomunikasi
1
Monavia Ayu Rizaty 17/12/2021 10:36 WIB
Usaha E-Commerce Menurut Barang dan Jasa yang Dijual (2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kemajuan teknologi telah mendorong perkembangan usaha berbasis digital atau biasa disebut dengan e-commerce. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, sebanyak 25,25% usaha di tanah air sudah melakukan kegiatan e-commerce hingga Desember 2020.

Dilihat dari jenis barang/jasa yang dijual di e-commerce, kelompok makanan, minuman, dan bahan makanan merupakan jenis yang paling banyak terjual pada 2020. Total usaha yang menjual makanan, minuman, dan bahan makanan mencapai 40,86% dari keseluruhan usaha.

Jenis barang/jasa yang paling banyak terjual berikutnya adalah fesyen dengan proporsi sebesar 20,71%. Diikuti penjualan jenis produk kebutuhan rumah tangga dan kosmetik yang masing-masing sebesar 10,3% dan 8,05%.

Ditinjau dari sisi produsen, mayoritas pemilik usaha e-commerce merupakan generasi milenial yang berada dalam rentang usia 35-44 tahun (33,07%) dan 25-34 tahun (24,79%). Sementara, mayoritas pendidikan pemilik e-commerce adalah SMA/SMK sederajat ke bawah (75,36%).

Lebih dari setengah (54,66%) usaha e-commerce berjualan online melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Kemudian, hanya 21,64% usaha yang memiliki akun penjualan di marketplace/digital platform.

(Baca Selengkapnya: Kurangnya Permintaan Jadi Kendala Utama Usaha di E-Commerce)

Data Populer
Lihat Semua