Pengeluaran Konsumen Muslim Dunia Terbesar untuk Makanan dan Minuman Halal

Produk Konsumen
1
Monavia Ayu Rizaty 17/12/2021 15:30 WIB
Pengeluaran Konsumen Muslim Global per Sektor Industri Halal (2020 & 2025)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Besarnya konsumen produk halal dapat menumbuhkan potensi industri halal di dunia. Industri halal terbagi menjadi beberapa sektor yaitu makanan minuman, fesyen, farmasi, kosmetik, pariwisata, dan media/rekreasi.

Menurut laporan Indonesia Halal Markets 2021/2022, penduduk muslim dunia menghabiskan US$ 1,9 triliun pada 2020 untuk berbagai produk gaya hidup seperti makanan minuman, fesyen, rekreasi, dan pariwisata.

Dilihat dari masing-masing sektor, pengeluaran penduduk muslim dunia untuk sektor makanan dan minuman menjadi yang tertinggi dibandingkan sektor lain. Pengeluaran untuk sektor ini mencapai US$ 1.185 miliar pada 2020 dan diprediksi naik hingga US$ 1.668 miliar pada 2025.

Selanjutnya, pengeluaran di sektor fesyen tercatat sebesar US$ 279 miliar. Jumlah ini diproyeksikan naik menjadi US$ 375 miliar pada 2025.

Sementara, pengeluaran di sektor pariwisata menjadi yang terendah yakni US$ 58 miliar. Pengeluaran untuk sektor ini juga diproyeksi meningkat menjadi US$ 93 triliun pada 2025.

(Baca Selengkapnya: Skor Indeks Makanan Halal Indonesia Peringkat 4 di Dunia)

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.