Jumlah Pusat Data di Indonesia Terbesar Kedua di ASEAN

Teknologi & Telekomunikasi
1
Reza Pahlevi 15/12/2021 12:10 WIB
Jumlah Pusat Data di Negara-negara ASEAN (2020)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pemerintah berencana melakukan pembangunan Government Cloud atau Pusat Data Nasional (PDN) mulai tahun depan untuk mempercepat proses transformasi digital di dalam negeri. Menurut data ASEAN, ada 295 pusat data yang terbangun di kawasan tersebut pada 2020 dan Indonesia menjadi negara kedua dengan jumlah pusat data terbanyak.

Ada 62 pusat data di Indonesia pada 2020. Sebanyak 36% atau 22 pusat data tersebut dimiliki asing, dengan 11 pusat data dimiliki oleh Singapura.

Singapura sendiri menjadi negara dengan jumlah pusat data terbanyak, yaitu 100 pusat data. Mayoritas pusat data di Singapura dimiliki oleh asing di antaranya sebanyak 53 pusat data dimiliki oleh Amerika Serikat.

Malaysia berada di peringkat ketiga dengan 44 pusat data pada 2020. Investor luar negeri pusat data Malaysia berasal dari Australia, Tiongkok, Hong Kong, Jepang, Singapura, dan Amerika Serikat.

Ketiga negara yang sudah disebut ini mencakup sekitar 70% dari total pusat data di ASEAN. Berdasarkan studi Cushman and Wakefield, industri pusat data ini diproyeksikan dapat tumbuh dari US$ 1,9 miliar pada 2019 menjadi US$ 3,5 miliar pada 2024.

(Baca: 10 Unicorn dengan Valuasi Terbesar di ASEAN, Tiga dari Indonesia)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.