Cakupan Vaksinasi Covid-19 RI Peringkat ke-3 Terendah di Antara Negara G20

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 02/12/2021 18:10 WIB
Rasio Populasi yang Divaksinasi Penuh Covid-19 Berdasarkan Negara G20 (per 30 November 2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan laporan Our World in Data, baru 34,1% penduduk Indonesia yang telah mendapatkan vaksinasi virus corona Covid-19 secara penuh hingga 30 November 2021. Jumlah itu menempatkan Indonesia di peringkat ketiga terendah di antara negara G20.

Posisi pertama diduduki oleh Korea Selatan yang telah memvaksinasi corona secara penuh 80% penduduknya. Kemudian, proporsi penduduk Jepang dan Tiongkok yang telah mendapat dua dosis vaksin corona masing-masingsebanyak 77,3% dan 76,9%.

Kanada telah memvaksinasi Covid-19 secara penuh 76,2% penduduknya. Kemudian, proporsi penduduk yang telah divaksin corona secara penuh di Italia dan Australia masing-masing sebesar 73% dan 72,9%.

Sementara, India berada di bawah Indonesia karena baru memvaksinasi virus corona secara penuh 32,1% penduduknya. Di peringkat terendah ditempati Afrika Selatan yang baru menyuntikkan dua dosis vaksin corona kepada 24,1% penduduknya.

Vaksinasi penting dilakukan untuk mencegah kematian dan kesakitan akibat virus corona. Meski sudah divaksinasi, masyarakat tetap perlu memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun.

Adapun G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa. Perlu diketahui, Indonesia akan menjadi presidensi atau tuan rumah penyelenggaraan pertemuan G20 pada 2022 mendatang.

(Baca: Berapa Investasi Negara-Negara G20 ke Indonesia?)

 

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.