Sebanyak 1% Pemain Besar Kuasai Hampir Setengah Penjualan Digital Indonesia

Proporsi Penjualan di Platform Digital (2019)

Sumber : Worldbank, 29 Juli 2021

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Dimas Jarot Bayu

16/11/2021, 14.30 WIB

Laporan Bank Dunia menunjukkan, proporsi penjualan di platform digital masih belum merata. Pasalnya, 10% penjual teratas menguasai hampir 80% dari total pendapatan di berbagai platform lokapasar atau e-commerce.

Rinciannya, sebanyak 1% penjual teratas menguasai 47% total pendapatan di e-commerce. Kemudian, 9% penjual teratas mendapatkan 32% dari total pendapatan di platform tersebut.

Advertisement

Sebanyak 40% penjual hanya membukukan 18% dari total pendapatan di e-commerce. Sementara, sisanya sebesar 4% total pendapatan harus dibagi kepada 50% penjual lainnya.

Selain proporsi penjualan yang belum merata, para penjual masih memiliki sejumlah kekhawatiran ketika berbisnis di platform digital Indonesia. Mayoritas atau 72% responden mengaku khawatir dengan terlalu banyaknya pemain di industri ini, sehingga mempersulit kompetisi pasar.

Sebanyak 21% responden khawatir adanya monopoli oleh para pemain besar. Sementara, 7% responden khawatir lantaran kapasitas usaha mereka masih kecil.

(Baca: Sederet Tempat yang Diharapkan Menerima Transaksi Dompet Digital)

data terkait