Daftar Danau Terdalam di Dunia, Ada yang Mencapai 1.620 Meter

Danau Terdalam di Dunia

Sumber : Britannica,

Disalin..

Penulis: Vika Azkiya Dihni

Editor: Dimas Jarot Bayu

10/11/2021, 14.40 WIB

Danau merupakan badan air yang terbentuk secara alami di daerah cekungan dan dikelilingi oleh daratan. Sejumlah negara memiliki danau dengan kedalaman yang fantastis, bahkan lebih dari 1.000 meter.

Melansir dari Britannica, berikut daftar danau terdalam di dunia:

Advertisement

1. Danau Baikal (1.620 meter)

Danau Baikal merupakan danau terdalam di dunia. Danau yang terletak di Siberia ini pun merupakan danau air tawar terbesar. Danau ini menampung lebih dari 20% air tawar yang tidak beku di permukaan bumi. 

Selain itu, Danau Baikal merupakan danau air tawar tertua di dunia, dengan perkiraan usia 20 juta hingga 25 juta tahun. Danau Baikal adalah rumah bagi sejumlah besar spesies hewan dan tumbuhan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain, seperti anjing laut Baikal.

2. Danau Tanganyika (1.436 meter)

Danau Tanganyika yang berada di perbatasan Zambia, Burundi, Tanzania, dan Republik Demokratik Kongo menempati posisi kedua. Danau Tanganyika merupakan danau yang relatif panjang dan sempit dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. 

Sejak zaman batu, komunitas manusia telah mencari makan dengan memancing di di tepi Danau Tanganyika. Namun, praktik penangkapan komersial modern secara berlebihan telah menjadi masalah dalam beberapa dekade terakhir.

3. Laut Kaspia (1.025 meter)

Laut Kaspia yang terletak di antara Pegunungan Kaukasus dan Stepa Asia Tengah merupakan perairan tertutup sepenuhnya yang paling besar di dunia. Danau ini juga merupakan danau garam terbesar di dunia, membentang hampir 750 mil (1.200 km) dari utara ke selatan dan memiliki lebar rata-rata sejauh 200 mil (320 km).

Sepertiga utara Laut Kaspia sangat dangkal, dengan kedalaman rata-rata sekitar 20 kaki (6 meter). Sementara, sepertiga paling selatan danau tersebut memiliki kedalaman rata-rata sekitar 1.000 kaki (300 meter).

4. Danau Vostok (900 meter)

Danau Vostok yang terletak di Antartika terkubur di bawah permukaan es sejauh 4 km. Hal itu menjadikan Danau Vostok sebagai danau subglasial terbesar yang pernah diketahui.

Sejak 1970-an, para ilmuwan telah mencurigai adanya sejumlah besar air tawar yang terperangkap di bawah es di situs tersebut. Namun, pengukuran yang tepat menggunakan radar penembus es baru dapat dilakukan pada 1996 oleh peneliti Inggris dan Rusia.

Aktivitas biologis di Danau Vostok menjadi misteri karena tidak ada cara untuk mengumpulkan sampel atau menempatkan sensor di bawah es. Sampai pada 2012, tim peneliti berhasil mengebor es hingga ke permukaan danau dan menemukan banyak bentuk baru kehidupan bakteri.

5. Danau O'Higgins/San Martin (836 meter)

Danau O'Higgins merupakan danau terdalam kelima di dunia. Danau ini terletak di daerah Andes Patagonian yang jarang penduduknya. 

Terletak di perbatasan Argentina-Cile, danau ini dialiri air yang berasal dari Gletser O'Higgins di sebelah barat. Danau ini memiliki air berwarna pirus susu yang khas dari konsentrasi tinggi tepung batu melalui gletser.

6. Danau Nyasa (706 meter)

Danau Nyasa adalah danau panjang yang membentang lebih dari 350 mil (560 km) di sepanjang perbatasan Mozambik, Tanzania, dan Malawi. Danau Nyasa memiliki kedalaman dan stratifikasi suhu yang menciptakan sejumlah lingkungan sangat berbeda.

Dengan demikian, tingkat keanekaragaman hayati di danau tersebut sangat luar biasa. Tercatat ada sekitar 1.000 spesies ikan yang menghuni Danau Nyasa.

7. Danau Ysyk (668 meter)

Danau Ysyk terletak di ketinggian 5.270 kaki (1.606 meter) di Pegunungan Tien Shan, Kirgistan. Nama danau ini berasal dari kata Ysyk-kol yang berarti "danau panas". Ini mengingat Danau Ysyk tidak pernah membeku, meski suhu musim dingin di daerah tersebut secara teratur mencapai minus 26 derajat celsius.

Danau Ysyk telah lama menjadi tempat aktivitas manusia. Artefak emas dan perunggu milik orang Skit, penduduk paling awal di Kirgistan, telah ditemukan di dekatnya.

8. Danau Great Slave (614 meter)

Danau Great Slave terletak di wilayah barat laut Kanada. Danau ini menjadi yang terdalam di Amerika Utara.

Tak hanya itu, Danau Great Slave menjadi yang terbesar kedua di Kanada. Meski demikian, tak banyak orang yang tinggal dekat Danau Great Slave mengingat iklimnya yang sangat dingin.

9. Danau Crater (592 meter)

Danau Crater yang terletak di Pegunungan Cascade, Oregon merupakan yang terdalam di Amerika Serikat. Danau ini berusia relatif muda lantaran terbentuk sekitar 7.700 tahun lalu ketika Gunung Mazama runtuh meletus.

Air di Danau Crater berwarna biru tua yang disebabkan oleh kedalaman dan kejernihannya. Danau tersebut menyimpan sangat sedikit sedimen karena sebagian besar berasal dari curah hujan.

(Baca: Daftar Danau Terbesar di Dunia, Apa Saja?)

data terkait