Survei Indikator: Mayoritas Anak Muda Khawatir dengan Isu Korupsi

Politik
1
Cindy Mutia Annur 28/10/2021 16:10 WIB
Ragam Isu yang Dikhawatirkan Anak Muda
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan, isu korupsi menjadi kekhawatiran terbesar anak muda Indonesia. Ada 64% responden berusia 17-35 tahun yang mengaku sangat khawatir dengan persoalan tersebut.

Sebanyak 21% responden juga mengaku agak khawatir dengan isu korupsi. Kemudian, 8% responden menyatakan sedikit khawatir. Hanya 6% responden yang tak khawatir sama sekali dan sisanya tak menjawab atau tidak tahu.

Selain isu tersebut, anak muda khawatir dengan kerusakan lingkungan. Sebanyak 52% responden menyatakan sangat khawatir dengan isu tersebut.

Ada pula 30% responden yang mengaku agak khawatir dengan isu kerusakan lingkungan. Sebanyak 13% responden menyatakan sedikit khawatir dengan isu tersebut. Sementara, 4% responden tidak khawatir sama sekali dan sisanya tak menjawab atau tidak tahu.

Banyak juga anak muda yang khawatir dengan isu kesehatan, terutama saat pandemi Covid-19. Secara rinci, responden yang sangat khawatir dan agak khawatir dengan isu tersebut masing-masing sebesar 43% dan 27%.

Ada 18% responden yang sedikit khawatir dengan isu kesehatan. Sedangkan, 11% responden tak khawatir dan sisanya tidak menjawab atau tidak tahu.

Adapun, kekhawatiran anak muda paling rendah terhadap hubungan antarras/etnis. Hanya 17% responden yang mengaku sangat khawatir dengan isu tersebut.

Responden yang agak khawatir dan sedikit khawatir dengan isu hubungan antarras/etnis masing-masing 24% dan 28%. Sementara, 28% responden menyatakan tak khawatir sama sekali dan sisanya tidak menjawab atau tidak tahu.

Indikator melakukan survei dengan metode stratified multistage random terhadap 4.020 responden berusia 17 hingga 35 tahun di seluruh Indonesia pada 9-16 September 2021. Response rate survei ini sebesar 3.623 orang atau 90,1% dari total responden.

(Baca: Kasus Korupsi Banyak Gunakan Modus Proyek Fiktif pada Semester I-2021)

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.