Konsumen Paling Gemar Promo Gratis Ongkir saat Belanja Daring

Teknologi & Telekomunikasi
1
Cindy Mutia Annur 27/10/2021 13:20 WIB
Ragam Promo Belanja Online yang Paling Digemari Konsumen
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Survei Katadata Insight Center (KIC) dan Sirclo menunjukkan, mayoritas konsumen menyukai promo gratis ongkos kirim (ongkir) saat berbelanja daring (online). Persentasenya mencapai 61,6%.

Promo yang digemari berikutnya yakni cashback alias hadiah uang tunai atau berupa poin sebanyak 14,1%. Sementara, sebanyak 13,1% responden menyukai promo diskon hari libur/hari spesial.

Kemudian, sebanyak 6,8% responden menyukai promo clearance sale alias penjualan obral. Ada pula 4% responden yang menyukai promo buy 1 get 1 more alias beli satu barang gratis satu barang. Sisanya sebanyak 0,4% responden mengaku menyukai promo lainnya.

Riset ini juga menunjukkan, mayoritas konsumen memilih marketplace sebagai tempat belanja daring favorit mereka dibandingkan media sosial dan laman produk. Selain itu, mayoritas konsumen memilih layanan reguler karena pengiriman tepat waktu dan harga lebih murah.

Adapun, riset ini dilakukan terhadap 4.590 responden di seluruh Indonesia berusia 17 tahun ke atas yang memiliki akses internet.  Riset yang dilakukan pada 24-28 Agustus 2021 ini mayoritas berasal dari responden dengan status sosial ekonomi (SES) Grup B dan C.

(Baca: Bukan Shopee, Tokopedia Juara E-commerce Terpopuler Kuartal II 2021)

Data Populer
Lihat Semua