Tokopedia merajai jumlah pengunjung Indonesia selama dua kuartal berturut-turut. Jumlah pengunjung web bulanan Tokopedia mencapai 147,8 juta pada kuartal II 2021. Angka ini meningkat 9,4% dari kuartal sebelumnya yang sebanyak 135,1 juta kunjungan.
Tokopedia juga berhasil mengalahkan juara bertahan, Shopee yang berada di peringkat pertama sejak kuartal IV 2019 hingga kuartal IV 2020. Jumlah kunjungan web bulanan Shopee sebanyak 127 juta, turun tipis 0,3% dari kuartal sebelumnya yang sebanyak 127,4 juta.
(Baca: Indonesia Kini Punya 7 Unicorn, Siapa Saja?)
Kendati demikian, peringkat Tokopedia di AppStore dan PlayStore masih kalah dengan Shopee. Tokopedia berada di posisi kedua ranking AppStore dan keempat di PlayStore.
Kemudian, jika dibandingkan dengan e-commerce lainnya, terdapat ketimpangan jumlah pengunjung yang cukup signifikan. Bukalapak berada di posisi ketiga dengan jumlah pengunjungan 29,5 juta. Lalu disusul Lazada sebanyak 27,7 juta dan Blibli 18,4 juta.
Selanjutnya disusul Bhinneka sebanyak 7 juta, Orami 6,3 juta, dan Ralali 5,1 juta. JD ID dan Zalora berada di posisi selanjutnya dengan masing-masing 3,8 juta dan 3,4 juta.
E-commerce membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Masyarakat dapat berbelanja tanpa harus keluar rumah sehingga dapat menekan laju penularan virus Covid-19.