Konsumen Lebih Pilih Jasa Pengiriman Tepat Waktu saat Belanja Online

Teknologi & Telekomunikasi
1
Vika Azkiya Dihni 27/10/2021 14:20 WIB
Alasan Konsumen Menggunakan Jasa Pengiriman Reguler saat Belanja Online
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil riset Katadata Insight Center (KIC) bersama Sirclo menunjukkan, 89,5% konsumen di Indonesia lebih memilih jasa pengiriman reguler saat berbelanja daring (online). Ada sejumlah alasan konsumen menggunakan jasa pengiriman reguler.

Mayoritas atau 61,8% responden memilih jasa pengiriman reguler dengan pertimbangan tepat waktu. Sebanyak 48,5% responden memilih jasa pengiriman reguler karena harga yang lebih murah.

Kemudian, 47,1% responden dapat melihat pergerakan barang yang dikirim. Sebanyak 41,5% responden memilih jasa pengiriman reguler karena jangkauannya yang luas.

Sebanyak 41,4% responden memilih jasa pengiriman reguler dengan alasan banyak diskon atau potongan harga gratis ongkos kirim. Lalu, 35,1% responden memilih jasa penggunaan reguler yang kurirnya ramah.

Ada pula 34,2% responden memilih jasa pengriman reguler dengan alasan barang terjaga, 28,7% karena ulasan bagus atau direkomendasikan pengguna lain, 19,4% karena kurir patuh protokol kesehatan. Sementara, 5,4% responden memilih jasa pengiriman reguler karena kondisi darurat yang mengharuskan barang tiba dalam hitungan jam.

Adapun, riset ini dilakukan terhadap 4.590 responden di seluruh Indonesia berusia 17 tahun ke atas yang memiliki akses internet.  Riset yang dilakukan pada 24-28 Agustus 2021 ini mayoritas berasal dari responden dengan status sosial ekonomi (SES) Grup B dan C.

(Baca: Konsumen Paling Gemar Promo Gratis Ongkir saat Belanja Daring)

Data Populer
Lihat Semua