SMRC: Mayoritas Warga Percaya Jokowi Mampu Keluarkan RI dari Krisis

Kepercayaan Publik terhadap Kemampuan Jokowi Membawa Indonesia Keluar dari Krisis Ekonomi

Sumber : Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), 19 Oktober 2021

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Dimas Jarot Bayu

24/10/2021, 15.00 WIB

Pandemi virus corona Covid-19 telah menyebabkan krisis ekonomi di Indonesia pada 2020. Kondisi tersebut menjadi ujian berat bagi periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Meski demikian, hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan, mayoritas atau 67% responden di dalam negeri percaya bahwa Jokowi mampu membawa Indonesia keluar dari krisis. Secara rinci, 10,8% responden sangat percaya dan 56,2% responden cukup percaya.

Sebanyak 24,3% responden menyatakan kurang percaya dengan kemampuan Jokowi membawa Indonesia keluar dari krisis ekonomi. Sebanyak 3,9% responden pun menyatakan tidak percaya sama sekali dengan pendapat tersebut. Sementara, 4,9% responden tidak tahu atau tidak menjawab.

Dalam survei yang sama, sebanyak 68,5% responden merasa puas dengan kinerja Jokowi. Responden yang mengaku tidak puas sebanyak 29,5%. Sementara, 2% responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

SMRC melakukan survei dengan metode multistage random sampling terhadap 1.220 responden di seluruh Indonesia pada 15-21 September 2021. Response rate dari survei ini sebesar 80%. Adapun, tingkat toleransi kesalahan (margin of error) survei ini sebesar 3,19% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Publik Makin Puas dengan Kinerja Ekonomi Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf)

TOPIK

Politik

data terkait