IKLAN

Survei: Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Dokter Tertinggi di Dunia, Politisi Terendah

Pihak yang Paling Dipercaya Hingga Paling Tidak Dipercaya di Dunia (Kepercayaan Bersih) (%) (2021)

Sumber : Ipsos,

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

21/10/2021, 12.40 WIB

Menurut hasil survei dalam laporan Global Trustworthiness Index 2021 yang dikeluarkan oleh Ipsos, dokter merupakan pihak yang paling dipercaya oleh masyarakat dunia. Sebanyak 54% atau mayoritas responden menyatakan bahwa mereka memiliki rasa kepercayaan terhadap dokter.

Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap ilmuwan berada di urutan kedua dengan persentase sebesar 51%. Kemudian, rasa kepercayaan terhadap guru sebesar 43%, terhadap orang biasa sebesar 27%, dan terhadap pasukan bersenjata sebesar 22%.

Sementara, pihak yang mendapatkan tingkat kepercayaan paling rendah dari masyarakat dunia adalah politisi, yakni sebesar -52%. Diikuti kepercayaan terhadap menteri pemerintah sebesar -39%, eksekutif periklanan sebesar -22%, dan bankir sebesar -11%. Rasa percaya masyarakat terhadap jurnalis dan pendeta juga rendah, yakni -10%.

Sepanjang 2018-2021, dokter, ilmuwan, guru, pasukan bersenjata, dan polisi menjadi pihak yang paling dipercaya oleh masyarakat dunia. Sedangkan politisi, Menteri pemerintah, dan eksekutif periklanan merupakan pihak yang mendapatkan kepercayaan terendah dari masyarakat dunia.

Survei ini dilakukan pada 23 April-7 Mei 2021 dengan melibatkan 19.570 responden di 28 negara berumur 16-74 tahun melalui metode wawancara online. Sampel karakteristik responden di Brasil, Chili, Tiongkok, Kolombia, India, Malaysia, Meksiko, Peru, Rumania, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, dan Turki cenderung lebih urban, berpendidikan, dan makmur dibandingkan populasi umum.

(Baca Selengkapnya: 10 Profesi Ini Punya Gaji Tertinggi di Dunia, Apa Saja?)

IKLAN