Daftar Universitas dengan Program Studi Terakreditasi A Terbanyak, UGM Juara

10 Universitas dengan Program Studi Terakreditasi A Terbanyak (2020)

Sumber : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020

Disalin..

Penulis: Vika Azkiya Dihni

Editor: Dimas Jarot Bayu

19/10/2021, 17.30 WIB

Berdasarkan laporan Statistik Pendidikan Tinggi 2020, Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki 205 program studi (prodi) terakreditasi A pada tahun lalu. Jumlah itu menjadi yang terbanyak dibandingkan universitas lainnya di Indonesia.

Universitas Indonesia (UI) berada di posisi kedua dengan 187 prodi terakreditasi A. Setelahnya ada Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan 137 prodi terakreditasi A.

Sebanyak 123 prodi di Universitas Airlangga (Unair) juga telah terakreditasi A. Di Universitas Padjadjaran (Unpad), ada 122 prodi yang telah terakreditasi A.

Kemudian, sebanyak 109 prodi di Universitas Hasanuddin (Unhas) telah terakreditasi A. Di Universitas Sebelas Maret, ada 104 prodi yang telah terakreditasi A.

Universitas Brawijaya (Unibraw) dan Universitas Diponegoro (Undip) masing-masing memiliki 104 dan 103 prodi dengan akreditasi A. Sementara, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) punya 99 prodi dengan akreditasi serupa.

Adapun, total perguruan tinggi yang telah terakreditasi di Indonesia sebanyak 6.651. Sementara, ada 4.373 prodi di dalam negeri yang telah mendapatkan akreditasi.

Akreditasi merupakan penilaian yang digunakan untuk menentukan kelayakan perguruan tinggi dan program studi. Penilaian akreditasi memiliki tiga tingkatan, antara lain A, B, dan C.

(Baca: Daftar Program Studi Terfavorit Calon Mahasiswa di Indonesia)

data terkait