Daftar Program Studi Terfavorit Calon Mahasiswa di Indonesia

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Cindy Mutia Annur 21/06/2021 15:50 WIB
Pilihan Jurusan Sesuai Minat Bakat Siswa (KIC & Aku Pintar, Juni 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Riset Katadata Insight Center (KIC) dan Aku Pintar bertajuk ‘Perilaku Siswa dalam Pemilihan Jurusan Pendidikan’ menunjukkan bahwa jurusan teknik menjadi pilihan terfavorit calon mahasiswa yang akan menempuh jenjang pendidikan tinggi di universitas. Dalam survei tersebut, jurusan teknik berada di urutan pertama dengan persentase sebesar 16,2%.

Jurusan favorit kedua adalah pendidikan/keguruan dengan persentase sebesar 7,4%. Kemudian, jurusan kedokteran, manajemen, dan akuntansi juga masuk dalam daftar jurusan terfavorit dengan masing-masing persentase sebesar 7,4%, 7,3%, dan 6,3%.

Riset KIC menyakan, ada tiga faktor utama yang mendorong siswa dalam menentukan pilihan jurusan pendidikan tinggi, yakni peluang pekerjaan setelah lulus, peluang gaji besar di bidang studi pilihan setelah lulus, dan ketertarikan pada jurusan sesuai bakat dan kemampuan. Faktor lain yang mempengaruhi dalam memilih jurusan tertentu adalah jenjang karier, status/reputasi pekerjaan setelah lulus, dan reputasi jurusan tersebut.

Sebanyak 81,5% responden mengatakan universitas yang paling diincar umumnya adalah kampus negeri. Universitas Gajah Mada menjadi perguruan tinggi yang paling diburu, yaitu sebanyak 13,4%. Diikuti oleh Universitas Indonesia (7,8%), Institut Teknologi Bandung (3,9%), Universitas Padjadjaran (3,8%), Universitas Airlangga (2,9%), Universitas Brawijaya (2,7%), dan lainnya.

Survei ini dilakukan pada 20-29 Maret 2021 terhadap 1153 siswa usia 15 sampai 18 tahun yang berasal dari 32 provinsi di Indonesia. Siswa yang disurvei berasal dari sekolah negeri sebanyak 68,4% dan swasta 31,6%. Rinciannya, terdiri dari 49,4% laki-laki dan 50,6% perempuan.

(Baca: Daftar SMA Terbaik Dilihat dari Hasil Tes Masuk Perguruan Tinggi)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua