Hyperion, Pohon Tertinggi di Dunia Lebih Menjulang dari Big Ben

6 Pohon Tertinggi di Dunia (Meter)

Sumber : Treehugger,

Disalin..

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

12/10/2021, 12.30 WIB

Pohon memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kehidupan di bumi. Pohon berfungsi untuk membersihkan udara, menyediakan air bersih, mengendalikan suhu dan kelembaban, serta pengendali bencana alam seperti banjir.

Pohon juga memiliki berbagai ukuran, bentuk, dan warna. Beberapa jenis pohon ada yang memiliki ukuran sangat tinggi bahkan melebihi ketinggian bangunan Big Ben yang memiliki ketinggian 96 meter. Dilansir dari treehugger.com, berikut ini enam pohon tertinggi di dunia.

  1. Hyperion (115,8 Meter)

Hyperion menjadi pohon tertinggi di dunia dengan tinggi mencapai 115,8 meter. Ketinggian pohon ini bahkan melebihi Big Ben di Inggris yang memiliki ketinggian 96 meter. Pohon ini ditemukan pada 2006 dan sangat tinggi sehingga puncaknya tidak dapat terlihat. Lokasi yang menjadi habitat pohon Hyperion adalah Taman Nasional Redwood, California, Amerika Serikat.  

  1. Centurion (99,8 Meter)

Centurion ditemukan di Arve Valley, Tasmania, Australia dan merupakan jenis pohon eukaliptus tertinggi. Seperti Hyperion, Centurion juga memiliki ketinggian yang melebihi Big Ben di Inggris. Pohon ini memegang rekor sebagai tanaman berbunga tertinggi dan pohon kayu keras paling tinggi di dunia.

  1. Doerner Fir (99,6 Meter)

Pohon jenis cemara ini ditemukan pada sisi timur Coos Country negara bagian Oregon, Amerika Serikat. Doerner Fir diperkirakan mampu tumbuh hingga usia 450 sampai 500 tahun. Karena kegiatan penebangan semakin marak terjadi, Doerner Fir termasuk pohon yang dilindungi.

  1. Raven’s Tower (96,6 meter)

Raven’s Tower banyak ditemukan di Taman Negara Bagian Prairie Creek Redwoods California, Amerika Serikat. Kulit pohon ini mampu beradaptasi dengan iklim lembab dan berkabut. Pepohonan ditutupi dengan beragam lumut dan pakis.

  1. Unnamed Giant Sequoia (95,7 Meter)

Pohon Giant Sequoia memerlukan iklim yang spesifik, pohon ini hanya tumbuh secara alami di sebuah area sempit, sekitar 420 km di antara hutan konifer di sisi barat pegunungan Sierra Nevada, Amerika Serikat. Pohon ini mampu mencapai umur 3.000 tahun.

  1. Yellow Meranti (94,2 Meter)

Pohon Yellow Meranti atau Meranti Kuning tumbuh di bagian utara Pulau Kalimantan. Pohon ini berada di area konservasi hutan Maliau Basin, negara bagian Sabah, Malaysia, di Pulau Kalimantan. Pohon ini diperkirakan memiliki berat 81.500 kilogram.

 (Baca: 5 Negara Penghasil Kakao Terbesar, Indonesia Urutan Berapa?)

data terkait