Amerika Serikat Punya Jumlah Gunung Berapi Terbanyak di Dunia, Bagaimana Indonesia?

Demografi
1
Monavia Ayu Rizaty 20/09/2021 14:20 WIB
5 Negara dengan Jumlah Gunung Berapi Terbanyak
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Gunung berapi dapat diartikan sebagai suatu sistem saluran fluida panas yang memanjang dari kedalaman sekitar 10 km di bawah permukaan laut sampai ke permukaan bumi. Gunung berapi yang aktif akan mengeluarkan material berupa abu, gas, atau lava. Aktivitas gunung berapi juga dapat menyebabkan bencana alam gempa dan tsunami.

Gunung api tersebar luas di seluruh Indonesia, termasuk Indonesia. Melansir World Atlas, berikut daftar lima negara yang memiliki gunung berapi terbanyak di dunia.

  1. Amerika Serikat

Negeri Paman Sam menduduki peringkat pertama sebagai negara yang memiliki gunung berapi terbanyak di dunia, yakni 173 gunung berapi. Gunung-gunung tersebut banyak ditemukan di Alaska, di mana hampir selalu terjadi erupsi setiap tahunnya. Selain Alaska, gunung berapi juga banyak tersebar di Hawaii.

  1. Rusia

Rusia menduduki peringkat kedua dengan 166 gunung berapi yang tersebar di berbagai penjuru negeri ini. Gunung berapi paling banyak ditemukan di Semenanjung Kamchatka, di sisi timur Rusia. Terdapat 29 gunung api di daerah ini dan salah satu yang terkenal adalah gunung Klyuchevskaya Sopka.

  1. Indonesia

Peringkat ketiga negara dengan jumlah gunung berapi terbanyak di dunia adalah Indonesia, yang memiliki 139 gunung. Gunung Merapi dan Gunung Kelud menjadi beberapa gunung berapi paling aktif di Indonesia. Indonesia juga memiliki gunung api aktif yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

  1. Islandia

Negara Islandia di peringkat keempat dengan 130 gunung berapi. Sebagian besar gunung berapi Islandia terletak di Pematang Atlantik-Tengah (Mid-Atlantic Ridge). Sedangkan Greenland memiliki 30 gunung berapi dan 13 di antaranya telah melakukan aktivitas letusan sejak tahun 874 M.

  1. Jepang

Di peringkat kelima adalah Jepang dengan 112 gunung berapi. Jepang adalah negara yang masuk dalam lingkaran ring of fire. Bencana alam seperti meletusnya gunung berapi merupakan hal yang biasa terjadi di negara matahari terbit ini.

 (Baca Selengkapnya: Dunia Dilanda 1.433 Gempa Bumi Bermagnitudo 5+ pada 2020)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua