Thailand dan India Jadi Negara Tujuan Utama Ekspor Rempah-Rempah Indonesia

Perdagangan
1
Monavia Ayu Rizaty 16/09/2021 14:20 WIB
10 Negara Tujuan Utama Ekspor Rempah-Rempah, Tanaman Obat, dan Aromatik (Ton) (2020)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Sejak dulu, Indonesia dikenal sebagai salah satu penghasil tanaman rempah-rempah terbesar di dunia. Dari data Negeri Rempah Foundation, sekitar 400-500 jenis rempah di dunia, 275 di antaranya ada di Asia Tenggara dan Indonesia menjadi negara yang memiliki jenis rempah terbesar sehingga dijuluki Mother of Spices. Thailand merupakan negara tujuan utama ekspor rempah-rempah, tanaman obat, dan aromatik Indonesia dengan jumlah mencapai 64,56 ribu ton (US$ 89,8 juta).

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), total ekspor rempah-rempah, tanaman obat, dan aromatik ke mancanegara sebesar 275,3 ribu ton dengan nilai ekspor sebesar US$ 618,4 juta pada 2020. Selain Thailand, Indonesia banyak mengekspor rempah-rempah, obat, dan aromatik ke India dengan jumlah ekspor sebanyak 33,9 ribu ton (US$ 70,1 juta).

Tiongkok menempati urutan ketiga dengan nilai ekspor sebesar 18,95 ribu ton (US$ 89,02 juta). Urutan keempat dan kelima ditempati Amerika Serikat dan Vietnam dengan masing-masing sebesar 12,9 ribu ton (US$ 85,5 juta) dan 9,35 ribu ton (US$ 38,3 juta).

Beberapa daerah penghasil rempah-rempah, tanaman obat, dan aromatik di Indonesia, yaitu Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Maluku, NTT, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Selatan, dan DI Yogyakarta.

 (Baca Selengkapnya: Ekspor dan Impor Indonesia Melonjak pada Agustus 2021)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.