Daftar Universitas Terbaik Dunia Versi THE WUR 2022, Universitas Oxford Peringkat 1

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Monavia Ayu Rizaty 10/09/2021 10:10 WIB
8 Perguruan Tinggi Terbaik di Dunia (2022)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Times Higher Education (THE) kembali merilis peringkat universitas terbaik dunia THE World University Rankings atau THE WUR 2022. Inggris dan Amerika Serikat masih menjadi negara yang mendominasi daftar 8 universitas terbaik di dunia.

Berikut ini daftar 8 besar The Times Higher Education World University Rankings 2022.

1. Universitas Oxford, Inggris (Total skor: 95,7 poin)

Universitas Oxford menempati peringkat nomor satu di dunia. Oxford merupakan universitas berbahasa Inggris tertua di dunia yang didirikan tahun 1096. Universitas Oxford mendapatkan skor tertinggi pada indikator riset, yaitu sebesar 99,6 poin. Indikator dengan skor terbesar berikutnya adalah kutipan (citations) 98 poin dan pandangan internasional 96,3 poin.

2. Institut Teknologi California, Amerika Serikat (Total skor: 95 poin)

Institut Teknologi California atau biasa disebut dengan Caltech, naik peringkat dari posisi keempat menjadi posisi kedua dalam laporan terbaru. Indikator yang mendapatkan skor tertinggi antara lain kutipan (citations) 97,8 poin dan riset 96,9 poin.

3. Universitas Harvard, Amerika Serikat (Total skor: 95)

Pada laporan sebelumnya, Universitas Harvard menempati peringkat ketiga sebagai universitas terbaik dunia. Universitas Harvard mendapatkan skor tertinggi pada indikator kutipan sebesar 99,2 poin dan riset 98,9 poin.

4. Universitas Standford, Amerika Serikat (Total skor: 94,9)

Peringkat empat diraih Universitas Standford. Universitas swasta ini mendapatkan skor tertinggi pada indikator kutipan 99,9 poin dan riset 96,8 poin.

5. Universitas Cambridge, Inggris (Total skor: 94,6 poin)

Universitas Cambridge adalah universitas tertua kedua di dunia yang berbahasa Inggris dan universitas tertua keempat di dunia yang masih bertahan hingga saat ini. Indikator pada universitas ini yang mendapatkan skor tertinggi adalah riset sebesar 99,5 poin.

6. Institut Teknologi Massachusetts (MIT), Amerika Serikat (Total skor: 94,6)

Institut Teknologi Massachusetts didirikan untuk menjawab kemajuan teknologi serta industri yang sedang berkembang di Amerika Serikat. Indikator yang mendapatkan skor tertinggi di MIT adalah kutipan 99,7 poin dan riset 94,4 poin.

7. Universitas Princeton, Amerika Serikat (Total skor: 93,6 poin)

Universitas Princeton adalah institusi pendidikan tinggi tertua keempat di Amerika Serikat. Universitas ini hanya memiliki 7.753 mahasiswa penuh waktu. Universitas Princeton mendapatkan skor tertinggi pada indikator kutipan sebesar 99 poin.

8. Universitas California, Berkeley, Amerika Serikat (Total skor: 92,2 poin)

Universitas California, Berkeley merupakan sebuah universitas riset publik di Amerika Serikat. Universitas California, Berkeley mendapatkan skor tertinggi pada indikator kutipan dengan skor 99,1 poin.

(Baca Selengkapnya: Inilah Daftar Universitas Termahal di Dunia Tahun Ajaran 2021-2022)

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua